Detail Cantuman Kembali
Cindi Arista Putri - Personal Name

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH IKAN LELE (Clarias sp.) DAN ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) (SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN)

Cindi Arista Putri, 2023. Pengaruh Pupuk Organik Cair Limbah Ikan Lele (Clarias sp.) dan Eceng Gondok (Eichornia crassipes) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dr. Vandalita M. M. Rambitan, M.P selaku dosen pembimbing II. Tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan komoditas sayuran penting yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Dalam budidaya tanaman tidak bisa lepas dari penggunaan pupuk. Tetapi kebanyakan petani menggunakan pupuk anorganik yang memiliki dampak negatif bagi tanaman, tanah dan kesehatan. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut salah satu alternatif yang tepat adalah penggunaan pupuk organik. Salah satu pupuk organik yang dapat digunakan yaitu pupuk organik cair berbahan dasar limbah ikan lele dan eceng gondok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair limbah ikan lele (Clarias sp.) dan eceng gondok (Eichornia crassipes) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penggunaan POC limbah ikan lele dan eceng gondok diharapkan dapat memaksimalkan pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang dilakukan secara kuantitatif menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova dan Uji LSD dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan pupuk organik cair limbah ikan lele dan eceng gondok berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel pada tiap parameter. Konsentrasi terbaik pada perlakuan yaitu 100 ml pupuk organik cair limbah ikan lele dan 600 ml pupuk organik cair eceng gondok menunjukkan hasil terbaik untuk rata-rata tinggi tanaman, jumlah daun dan berat segar buah tanaman cabai rawit. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan oleh petani agar memanfaatkan pupuk organik cair dengan konsentrasi 100 mL limbah ikan lele dan 600 mL eceng gondok bagi tanaman cabai rawit.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH IKAN LELE (Clarias sp.) DAN ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) (SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN)
Pengarang Cindi Arista Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI CIN p 2023
Subyek pupuk organik cair
cabai rawit (Capsicum frutescens L.)
Limbah Ikan Lele (Clarias sp.)
Eceng Gondok (Eichornia crassipes.)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua