Detail Cantuman Kembali

GAMBARAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN MPASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH PUSKESMAS SEGIRI SAMARINDA

Nama Vivi Indriyani Alvitahana, Program Studi D3 Keperawatan, Judul Gambaran Perilaku Ibu Dalam Pemberian MPASI Pada Anak Usia 6-24 Bulan Di Wilayah Puskesmas Segiri Samarinda. Latar Belakang : MPASI merupakan suatu bentuk makanan maupun minuman yang di peroleh anak berusia 6-24 bulan untuk menunjang kebutuhan gizi anak dalam masa tumbuh kembangnya. Pada saat pemberian MPASI berlangsung dibutuhkan perilaku ibu yang mendukung dalam pemberian MPASI yang tepat selama memberikan anaknya MPASI. Metodologi : Metode yang digunakan adalah metode Survei dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan teknik consecutive sampling sebanyak 81 ibu yang yang memiliki anak usia 6-24 bulan. Alat ukur yang digunakan adalah dalam mengukur perilaku ibu dengan pengetahuan ibu dalam pemberian MPASI, sikap ibu dalam pemberian MPASI, dan perilaku ibu dalam pemberian MPASI.
Hasil : Hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan ibu dalam pemberian MPASI didapatkan ibu yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 71 responden
(87.7%), pengetahuan cukup sebanyak 10 responden (12.3%), dan tidak ada yang berpengetahuan kurang (0.0%). Pada kategori sikap didapatkan bahwa ibu yang memiliki sikap positif sebanyak 77 responden (95.1%), dan ibu yang memiliki sikap negatif sebanyak 4 responden atau (4.9%). Sedangkan pada kategori praktik didapatkan ibu yang memiliki praktik tepat sebanyak 63 responden (77.8%), dan ibu yang memiliki praktik kurang tepat sebanyak 18 responden (22.2%). Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar ibu yang memiliki pengetahuan yang baik akan mempengaruhi sikap yang positif, dan praktik atau tindakan yang tepat saat memberikan MPASI pada anaknya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN MPASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH PUSKESMAS SEGIRI SAMARINDA
Pengarang VIVI INDRIYANI ALVITAHANA - Personal Name
No. Panggil KARYA TULIS ILMIAH VIV G 2023
Subyek MPASI
Pengetahuan Ibu Dalam Pemberian MPASI
Sikap Ibu Dalam Pemberian MPASI
Ibu
Anak Usia 6-24 Bulan
Perilaku Ibu Dalam Pemberian MPASI
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D3 Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua