Detail Cantuman Kembali
FAHRI DIANTO - Personal Name

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERMINTAAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SIDOMULYO KOTA SAMARINDA

Akses menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti jalan masuk. Sehingga secara umum akses pelayanan kesehatan dapat diartikan sebagai suatu bentuk pelayanan kesehatan dengan berbagai macam jenis pelayanannya yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Dari segi waktu tempuh ke sarana pelayanan kesehatan 67,2% penduduk dapat mencapai sarana pelayanan kesehatan kurang atau sama dengan 15 menit dan 23,6% dapat mencapai dengan waktu 16-30 menit, sedangkan sisanya memerlukan waktu lebih dari setengah jam untuk mencapai sarana kesehatan. Sedangkan dari jarak menunjukkan bahwa 94,1% rumah tangga berada kurang atau sama dengan 5 km dari sarana pelayanan kesehatan dan hanya 6% yang berjarak lebih dari 5 km.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan aksesibilitas, ekonomi, dan penerimaan layanan kesehatan terhadap permintaan layanan kesehatan di Puskesmas Sidomulyo Kota Samarinda. Metode Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan cara memberi pertanyaan tertulis kepada responden sebanyak 129 pasien yang telah melakukan pelayanan kesehatan. Variabel penelitian ini dianalisa dengan menggunakan uji Chi-Square. Variabel independen dalam penelitian ini adalah aksesibilitas, dan ekonomi. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu permintaan layanan kesehatan.
Kesimpulan penelitian ini yaitu tidak terdapat pengaruh pada faktor aksesibilitas, tidak terdapat pengaruh pada faktor ekonomi terhadap permintaan layanan kesehatan, dan tidak terdapat pengaruh pada faktor penerimaan layanan kesehatan terhadap permintaan layanan kesehatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERMINTAAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SIDOMULYO KOTA SAMARINDA
Pengarang FAHRI DIANTO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAH f 2023
Subyek Ekonomi
Aksesibilitas
Penerimaan Layanan Kesehatan
Permintaan Layanan Kesehatan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua