Detail Cantuman Kembali
Hikmawati - Personal Name

STUDI PERHITUNGAN BIAYA PENGUPASAN DAN PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP PADA PIT 5 PT. INDOCHIN RESOURCES JOBSITE PT. ENERGI CAHAYA INDUSTRITAMA

ABSTRAK


Pada kegiatan pengupasan dan pengangkutan lapisan tanah penutup ada beberapa hal yang mempengaruhi kegiatan ini yaitu produktivitas dari alat, kondisi front kerja, metode pemuatan, dan jam kerja. Sebelum melaksanakan kegiatan penambangan, perlu dilakukan perhitungan anggaran biaya, tujuannya agar dapat memberikan gambaran biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan penambangan, salah satu kegiatan yang perlu diperhitungnkan anggaran biayanya adalah kegiatan pengupasan dan pengangkutan lapisan tanah penutup pada pit 5PT. Indochin Resources. Penelitian ini sangat penting agar perusahaan dapat memperhitungkan anggaran biaya pada kegiatan pengupasan dan pengangkutan lapisan tanah penutup dengan lebih matang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui produktivitas alat yang digunakan dan juga untuk mengetahui biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan selama kegiatan ini.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik dasar dalam pengolahannya dan di hitung dengan menggunakan rumus untuk memperoleh hasil yang dicapai pada penelitian ini. Perhitungan yang dilakukan adalah perhitungan produktivitas alat yang digunakan, perhitungan produksi lapisan tanah penutup, perhitungan biaya kepemilikan dan biaya operasional alat, perhitungan biaya pengupasan dan biaya pengangkutan lapisan tanah penutup dan perhitungan total biaya yang dikeluarkan selama satu bulan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan selama satu bulan menunjukkan bahwa produktivitas alat gali-muat pada fleet 1 sebesar 221,13Bcm/jam dan pada fleet 2 sebesar 226,11Bcm/jam. produktivitas alat angkut pada fleet 1 sebesar 37,37 Bcm/jam dan pada fleet 2 sebesar 37,38Bcm/jam. Biaya pengupasan lapisan tanah penutup sebesar US$ 25.488,00/bulan atau US$ 0,23/Bcm, dan biaya pengangkutan lapisan tanah penutup sebesar US$ 15.216,00/bulan atau US$ 0,15/Bcm. Total biaya pada kegiatan yang dilakukan selama satu bulan sebesar US$ 110.225,76/bulan atau sebesar US$ 1,09/Bcm.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI PERHITUNGAN BIAYA PENGUPASAN DAN PENGANGKUTAN LAPISAN TANAH PENUTUP PADA PIT 5 PT. INDOCHIN RESOURCES JOBSITE PT. ENERGI CAHAYA INDUSTRITAMA
Pengarang Hikmawati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HIK s 2023
Subyek Biaya
Overburden
pengupasan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Pertambangan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua