Detail Cantuman Kembali
NURFADILLAH - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI APLIKASI CLASSPOINT TERINTEGRASI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 008 SUNGAI KUNJANG

Perkembangan ilmu teknologi yang semakin maju, menuntut guru untuk lebih termotivasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, diantaranya penggunaan media yang sesuai dengan kemajuan teknologi. Salah satu media yang melibatkan teknologi adalah media classpoint. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik mengenai Media Pembelajaran Interaktif melalui Aplikasi Classpoint Terintegrasi pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif dan Penggunaannya di kelas IV SD Negeri 008 Sungai Kunjang.
Pengembangan media interaktif melalui Classpoint terintegrasi ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan sebuah media interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 008 Sungai Kunjang pada bulan mei 2023. Research and Development menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analyze (analisis), Design (parancangan), Develop (pengembangan), Implement (implementasi) dan Evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri observasi, wawancara dan angket.
Hasil penelitian berupa media pembelajaran yang dapat di akses melalui gawai peserta didik. Media telah diuji kelayakanya oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian kelayakan dari ahli media diperoleh nilai 85% dengan kategori sangat layak, ahli materi diperoleh nilai 93,3% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya hasil respon peserta didik diperoleh nilai respon 92% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uji kelayakan dan respon tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif melalui classpoint terintegrasi ini sangat layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran materi energi alternatif dan penggunaanya di kelas IV SD Negeri 008 Sungai Kunjang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI APLIKASI CLASSPOINT TERINTEGRASI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 008 SUNGAI KUNJANG
Pengarang NURFADILLAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p
Subyek Media Pembelajaran Interaktif, Classpoint Terinteg
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua