Detail Cantuman Kembali
SITI AISYAH - Personal Name

Gambaran Sikap Diskriminasi dan Keinginan Merawat Pada Mahasiswa Keperawatan Terhadap Orang Dengan HIV/AIDS di Kota Samarinda

Latar Belakang : Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menginfeksi sel kekebalan tubuh yang menghancurkan sel darah putih yang menyebabkan menurunnya kekebalan. Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) adalah gejala atau penyakit yang terjadi akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). Salah satu masalah sosial yang dialami adalah diskriminasi. Diskriminasi merupakan pembedaan perilaku dan sikap negatif terhadap Orang Dengan HIV/AIDS.
Tujuan : Untuk mengetahui gambaran sikap diskriminasi dan keinginan merawat pada mahasiswa keperawatan terhadap Orang Dengan HIV/AIDS.
Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik consecutive sampling.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang memiliki diskriminasi tinggi sebanyak 129 responden (82.2%), mahasiswa yang memiliki diskriminasi rendah sebanyak 28 responden (18.8%) dan keinginan merawat didapatkan sebanyak 103 responden (65.6 %) memiliki keinginan merawat sedang, sebanyak 43 (27.4%) memiliki keinginan merawat rendah dan sebanyak 11 responden (7.0 %) memiliki keinginan merawat tinggi.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti diketahui sebagian besar responden memiliki diskriminasi tinggi dan keinginan merawat rendah. Berdasarkan hasil tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kurang nya pengetahuan dan kurang pengalaman. pengetahuan yang baik dan pengalaman yang cukup adalah hal yang penting agar mahasiswa keperawatan tidak melakukan diskriminasi terhadap ODHA yang mengakibatkan rendahnya kemauan untuk merawat ODHA.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Gambaran Sikap Diskriminasi dan Keinginan Merawat Pada Mahasiswa Keperawatan Terhadap Orang Dengan HIV/AIDS di Kota Samarinda
Pengarang SITI AISYAH - Personal Name
No. Panggil KARYA TULIS ILMIAH SIT g 2023
Subyek HIV/AIDS
Diskriminasi
mahasiswa keperawatan
Keinginan Merawat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D3 Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua