Detail Cantuman Kembali
NISA SULISTIAWATI - Personal Name

COMPOSTING TANAH REKLAMASI PASCA TAMBANG TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH DAN PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

NISA SULISTIAWATI. Composting Tanah Reklamasi Pasca Tambang Terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah dan Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (Dibawah bimbingan Donny Dhonanto dan Ria Rachel Paranoan).
Composting dikembangkan dari proses penguraian material organik yang terjadi di alam bebas. Proses ini berjalan lambat, kemudian manusia memodifikasikan proses penguraian material organik, sehingga pengomposan yang dikelola manusia bisa dilakukan dalam tempo yang relatif lebih singkat. Akhir dari pengomposan ini merupakan bahan yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, sehingga produktivitas tanah dapat ditingkatkan. Kompos yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pembenah tanah untuk memperbaiki sifat tanah dalam usaha untuk reklamasi lahan pasca tambang dan juga sebagai media tanam.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kompos daun lamtoro terhadap sifat kimia (pH, N, P, K, dan C-Organik) tanah reklamasi pasca tambang, peletakan efektif aplikasi kompos daun lamtoro terhadap pertumbuhan tanaman tomat, mengetahui dosis terbaik pemberian kompos daun lamtoro yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Rancangan Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial yang terdiri atas 2 faktor dan 3 kali ulangan.
Hasil penelitian pemberian kompos daun lamtoro dengan metode composting dapat memperbaiki sifat kimia tanah pasca tambang terbukti dari terjadinya peningkatan pH menjadi 6,91 (netral); C-Organik 7,09 % (sangat tinggi); N Total 0,55 % (tinggi); P Tersedia 34,59 ppm (sangat tinggi); K Tersedia 185,61 ppm (sangat tinggi) pada saat diujikan.Penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman tomat pada pemberian kompos daun lamtoro sangat berpengaruh terhadap tinggi, jumlah buah, berat buah, panjang akar, dan berat tanaman. Pengaruh yang sangat signifikan ditunjukan pada perlakuan A1B3 dengan peletakan kompos di atas permukaan tanah dan dengan dosis pupuk 150 gram/polybag.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul COMPOSTING TANAH REKLAMASI PASCA TAMBANG TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH DAN PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)
Pengarang NISA SULISTIAWATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NIS c 2023
Subyek Pasca Tambang
Tanaman Tomat
Sifat kimia tanah
Kompos Daun Lamtoro
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan AGROEKOTEKNOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua