Detail Cantuman Kembali
Ana Rizatunnisa - Personal Name

PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 13 SAMARINDA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis dan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 13 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan pretest-posttest control group design dengan memberikan perlakuan model pembelajaran POGIL pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Samarinda yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Cluster Sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan daftar nilai dan rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika sehingga sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-B dan VIII-D. Hasil analisis data terkait kemampuan representasi matematis dan berpikir kritis siswa dilakukan menggunakan uji Independent Sample T-Test. Pada kemampuan representasi matematis siswa diperoleh nilai signifikansi < 0,05 maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa antara model pembelajaran POGIL dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 13 Samarinda. Pada kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai signifikansi < 0,05 maka penulis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara model pembelajaran POGIL dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 13 Samarinda. Kemampuan representasi matematis dan berpikir kritis siswa yang diberi model pembelajaran POGIL lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 13 SAMARINDA
Pengarang Ana Rizatunnisa - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANA p 2023
Subyek Berpikir Kritis
Process Oriented Guided Inquiry Learning
Representasi Matematis
Analisis Perbedaan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua