Detail Cantuman Kembali
Dina Yuliana - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 27 SAMARINDA PADA TAHUN AJARAN 2022/2023

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan saintifik pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C sebanyak 28 siswa dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dengan pendekatan saintifik. Data diperoleh dari dokumentasi berupa nilai dasar, Observasi, tugas berupa LKPD, kuis, dan tes akhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, untuk setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas VIII-C dan rekan peneliti bertindak sebagai observer. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dari data berupa nilai LKPD, lembar kuis, dan nilai tes akhir siklus. Nilai ulangan pada materi koordinat kartesius digunakan sebagai nilai dasar, yaitu sebesar 43,21 meningkat menjadi 63,40 atau sebesar 46,72% dengan poin peningkatan sebesar 26,79. Pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sklus I 63,40 menjadi 75,58 atau sebesar 19,22% dengan poin peningkatan 26,43. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus II 75,58 menjadi 82,34 atau sebesar 8,94% dengan poin peningkatan 21,79. Aktifitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I dan II aktivitas guru dikategorikan baik dan pada siklus III aktivitas guru dikategorikan amat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan kurang, siklus II dikategorika baik, dan pada siklus III aktivitas siswa dikategorikan amat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 27 Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 27 SAMARINDA PADA TAHUN AJARAN 2022/2023
Pengarang Dina Yuliana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIN p 2023
Subyek Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Student Teams Achie
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua