Detail Cantuman Kembali
Dira Meilika Sucipta - Personal Name

PENGARUH SUPLEMENTASI VITAMIN C DENGAN DOSIS YANG BERBEDA PADA PAKAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN JELAWAT (Leptobarbus hoevenii)

Ikan jelawat (Leptobarbus hoevenii) merupakan satu diantara jenis ikan lokal di Indonesia yang habitatnya tersebar di beberapa perairan sungai di Kalimantan dan Sumatera. Ikan jelawat termasuk salah satu komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, yang dibuktikan dengan harga yang berada di pasaran berkisar 60.000 - 80.000 per kg. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penambahan vitamin C terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan jelawat dan menentukan dosis penambahan vitamin C yang tepat pada pakan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan jelawat. Lama waktu pemeliharaan benih ikan jelawat berlangsung selama 60 hari. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian adalah penambahan vitamin C pada pakan buatan PF-800 dengan dosis yang berbeda yaitu, 0 gram (kontrol), 250 gram, 500 gram dan 750 gram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari masing-masing perlakuan tidak menunjukkan adanya perbedaan yang nyata (P>0,05) terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan benih ikan jelawat (Leptobarbus hoevenii). Namun, meskipun tidak berbeda nyata tetapi pada setiap perlakuan menunjukkan adanya peningkatan dengan meningkatnya dosis vitamin C terhadap pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan benih ikan jelawat (Leptobarbus hoevenii). Perlakuan tertinggi terdapat pada penambahan vitamin C sebesar 750 gram.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH SUPLEMENTASI VITAMIN C DENGAN DOSIS YANG BERBEDA PADA PAKAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN JELAWAT (Leptobarbus hoevenii)
Pengarang Dira Meilika Sucipta - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIR p 2023
Subyek Pertumbuhan
Kelangsungan hidup
Vitamin C
rasio konversi pakan
: Ikan Jelawat,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua