Detail Cantuman Kembali
Melani Dwipebrianti - Personal Name

KOMPETENSI GURU PPKn DALAM MELAKSNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIKELAS XI MA AL-MUJAHIDIN SAMARINDA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru PPKn dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dikelas XI MA AL-Mujahidin Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2022. Dimana subjek penelitian ini adalah Guru serta Siswa MA ALMujahidin Samarinda. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data meliputi uji validitas eksternal, reabilitas, dan obyektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di MA AL-MUJAHIDIN Samarinda sudah tepat dalam proses pembelajaran sesuai tahap-tahap yang dianjurkan untuk membentuk keaktifan berdiskusi pada setiap kelompok belajar agar peserta didik dapat mengekspresikan atau menyampaikan gagasan-gagasan pemikiran yang diketahui dan secara sederhana proses ini lebih mudah membuat peserta didik memahami materi belajar yang diberikan, lalu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan juga memberikan perhatian pendampingan berupa pendekatan pada setiap peserta didik serta berinovasi dalam kegiatan belajar dengan menggunakan pemanfaatan teknologi, kemudian guru pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berlaku tegas dengan memberikan sanksi-sanksi kepada peserta didik yang tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hal ini bertujuan membentuk karakter peserta didik untuk dapat bekerjasama disekolah maupun dikehidupan sehari-hari.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KOMPETENSI GURU PPKn DALAM MELAKSNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIKELAS XI MA AL-MUJAHIDIN SAMARINDA
Pengarang Melani Dwipebrianti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEL k 2023
Subyek kompetensi
Peserta didik
Pembelajaran Kooperatif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua