Detail Cantuman Kembali
Gia Arta Ristiana - Personal Name

Gaya Komunikasi Kepemimpinan Kepala Desa dalam MenggerakkanPartisipasi Masyarakat Desa Adang Jaya Kecamatan Long Ikis

Pesan yang disampaikan pada seorang pemimpin kepada masyarakat memerlukan gaya komunikasi yang tepat supaya pesan dapat tersampaikan dengan baik dan memiliki timbal balik yang sesuai dengan harapan komunikator. Penelitian dengan judul “Gaya Komunikasi Kepemimpinan Kepala Desa dalam Menggerakkan Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus Pembanguna Desa Adang Jaya Kecamatan Long Ikis)”, memiliki rumusan masalah yaitu Bagaimana gaya komunikasi yang dipakai Kepala Desa Adang Jaya dalam menggerakkan partisipasi masyarakat?. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan proses komunikasi dan gaya komunikasi kepemimpinan Kepala Desa Adang Jaya dalam menggerakan partisipasi masyarkat dalam sektor pembangunan.
Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah tenmtang gaya komunikasi kepemimpinan kepala desa Adang Jaya dalam menggerakkan partisipasi masyarakat yang dikembangkan oleh S Djuarsa Sendjaja. Yang terdiri dari The controlling style, The equalitarian style, The structuring style, The dynamic style, The relinguishing style, The withdrawal style. Teknik pengumpulan data yang dilaukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis data adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa Kepala desa Adang Jaya memiliki gaya komunikasi kepemimpinan The Equalitarian style. Gaya komunikasi ini adalah komunikasi dengan dua arah. Disebut dua arah karena masyarakat memberikan timbal balik dari pesan yang ia terima melalui ketua RT yaitu berupa perubahan sikap, pemikiran serta tindakan masyarakat. Hal ini ini menyebabkan partisipasi masyarakat sebagian besar warga yang mulai sadar akan kepentingan bersama. partisipasi dari masyarakat Desa Adang Jaya tidak hanya berupa tenaga saja namun, bisa dapat berupa makanan, material. Kepala desa juga telah mengupayakan masyarakat sebgaina kecil yang masih kurang kesadaran dalam berpartisipasi dengan melakukan komunikasi interpersonal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Gaya Komunikasi Kepemimpinan Kepala Desa dalam MenggerakkanPartisipasi Masyarakat Desa Adang Jaya Kecamatan Long Ikis
Pengarang Gia Arta Ristiana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GIA p 2023
Subyek Partisipasi Masyarakat
kepemimpinan
Gaya Komunikasi
Desa Adang Jaya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua