ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CREATIVE DIGITAL AGENCY PADA BRANDING.IN SAMARINDA
Membangun komunikasi pemasaran tentu merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan di dalam melakukan bisnis. Namun dalam melakukan komunikasi juga diperlukan strategi yang baik untuk menunjang keberhasilan tersebut. Hal ini didorong pula oleh perkembangan zaman yang membuat pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan sarana komunikasi baik melalui offline dan online atau biasa disebut digital marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Branding.in selaku agensi digital kreatif di Samarinda untuk menerapkan kegiatan brandingnya baik dalam upaya mempromosikan Branding.in maupun produk/merek klien, serta mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pada Branding.in selama melakukan komunikasi pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, obervasi, dan dokumentasi, serta teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan informan berjumlah 3 orang. Adapun teknik analisis data penelitian ini mengunakan teknik analisis oleh Miles dan Huberman, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Branding.in menggunakan elemen-elemen Integrated Marketing Communication (IMC) yang meliputi advertising, sales promotion, personal selling, interactive marketing, dan public relation. Kelima elemen tersebut memang dijalankan namun perlu lebih dimaksimalkan lagi ke depannya. Lalu, Branding.in juga menerapkan poin-poin dari Bauran Pemasaran Jasa 7P yang terdiri dari product, place, promotion, price, people, physical evidence, dan process sebagai strategi komunikasi pemasarannya. Kemudian, dalam menjalankan komunikasi pemasaran, Branding.in memiliki faktor pendukung yang terdiri dari brand (merek) dan quality product (kualitas produk), serta faktor penghambat dari sisi sumber daya manusia (SDM).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CREATIVE DIGITAL AGENCY PADA BRANDING.IN SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Intan Thania Amelia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI INT a 2023 |
Subyek | Komunikasi Pemasaran Terpadu Strategi Komunikasi Pemasaran Branding.in Bauran Pemasaran Jasa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY