Detail Cantuman Kembali
Dewi Fitri - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET PERNIKAHAN MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

Pernikahan adalah bentuk hubungan antar manusia yang sepakat ingin mengikat janji dihadapan penghulu dan keluarga untuk disahkan. Dalam mempersiapkan suatu acara pernikahan diperlukan persiapan yang total agar acara meriah dan berkesan. Beberapa masalah yang terjadi yaitu menentukan tempat acara, konsep acara dan lainnya yang sangat menguras waktu dan tenaga. Wedding Organizer menjadi pilihan untuk solusi masalah tersebut, berbagai paket pernikahan dengan fasilitas dan harga yang ditawarkan membuat calon pengantin kesulitan. Agar mempermudah dalam mengambil keputusan paket pernikahan yang tepat dibuatlah sistem pendukung keputusan (SPK). SPK bertujuan untuk memberikan rekomendasi paket pernikahan dengan kriteria yang dapat dipilih oleh calon pengantin dan budget yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah Multi-Objective Optimization of Ratio Analaysis (MOORA) dengan menggunakan 6 kriteria yakni catering, tempat acara, dekorasi, dokumentasi, perias wajah dan harga menjadi acuan perhitungan yang dapat menghasilkan rekomendasi paket pernikahan terbaik sesuai keinginan calon pengantin. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu sistem berfungsi sangat baik dan mudah digunakan dan mempermudah calon pengantin dalam pemilihan paket pernikahan. Dari hasil pengujian akurasi diketahui bahwa hasil perhitungan manual dan sistem tidak memiliki perbedaan, serta penelitian ini mendapatkan nilai akurasi sebesar 100%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET PERNIKAHAN MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION OF RATIO ANALYSIS (MOORA)
Pengarang Dewi Fitri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEW s 2023
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
Wedding organizer
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua