PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KELURAHAN SUNGAI KAPIH KOTA SAMARINDA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Jenis penelitian ialah kuantitatif asosiatif. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel kualitas pelayanan publik (bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, kemampuan pengetahuan, kesopanan, krediblitas, keamanan, akses, komunikasi, dan memahami pelanggan/masyarakat). Variabel kepuasan masyarakat (ekspektasi, kinerja, perbandingan, pengalaman, konfirmasi atau diskonfirmasi). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda yang terdiri dari 3.846 KK. Sampel yang didapat dari populasi sebanyak 98 KK. Sampel ditentukan menggunakan teknik sampel acak dan berstrata proporsional (Proporsionate stratified random sampling). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji signifikansi. Berdasarkan rumus korelasi product moment menunjukkan nilai sebesar 0,7929 dengan kategori kuat dan uji T dengan perolehan nilai thitung (12,75) > ttabel (1,6605) dengan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat dan signifikan antara Kualitas Pelayanan Publik (X) terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Hal itu juga menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang di berikan maka akan semakin meningkat kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Sungai Kapih. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda adalah sebesar 62,86%, sedangkan sisanya sebesar 37,14% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KELURAHAN SUNGAI KAPIH KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | HERLINDA ARPANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HER p 2023 |
Subyek | Kualitas pelayanan publik Kepuasan Masyarakat |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY