Detail Cantuman Kembali
Yani Oktavia Rante - Personal Name

Identifikasi Batas dan Ketebalan Lapisan Lapuk Berdasarkan Data Cutting dan Data Logging (Studi Kasus : PT. Khotai Makmur Insan Abadi)

Yani Oktavia Rante, 2023. “Identifikasi Batas dan Ketebalan Lapisan Lapuk Berdasarkan Data Cutting dan Data Logging (Studi Kasus : PT. Khotai Makmur Insan Abadi)”, dibimbing oleh Dr. Supriyanto, MT dan Dr. Djayus, MT. Lapisan lapuk merupakan lapisan yang tidak terkonsolidasi. Lapisan ini umumnya bersifat lembek, butirannya halus, dan tanah jenuh. Lapisan lapuk di dalam industri
ertambangan batubara penting untuk diketahui karena lapisan lapuk berpotensi mengakibatkan longsor pada lereng galian tambang. Metode yang dapat digunakan untuk mengetahui ketebalan lapisan lapuk adalah metode pemboran dan metode well logging. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis litologi, batas dan ketebalan lapisan lapuk berdasarkan data cutting hasil pemboran dan data logging hasil dari perekaman metode well logging. Analisis berdasarkan data cutting dilakukan dengan menganalisis warna batuan, ukuran butir, tingkat kecerahan, tekstur dan kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam cutting, sedangkan pada data logging dilakukan analisis terhadap perubahan bentuk kurva log. Berdasarkan hasil analisis didapatkan lapisan lapuk berupa soil, sand, silt dan mud yang berbatasan langsung dengan lapisan fresh dibawahnya. Ketebalan setiap litologi pada lapisan lapuk berdasarkan data cutting memiliki ketebalan 2-5 meter sedangkan berdasarkan data logging, masing-masing litologi pada lapisan lapuk memiliki ketebalan rata-rata 1 hingga 4 meter.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi Batas dan Ketebalan Lapisan Lapuk Berdasarkan Data Cutting dan Data Logging (Studi Kasus : PT. Khotai Makmur Insan Abadi)
Pengarang Yani Oktavia Rante - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YAN i 2023
Subyek Pelapukan
Cutting
Litologi
Logging
Overburden
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua