Detail Cantuman Kembali
Della Taurintya - Personal Name

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Pembelajaran Menggunakan Media Video Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran berbasis video dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan desain yang digunakan adalah posttest only control group dengan memberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media video di kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Pengampilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yaitu VIII-A (kelas kontrol) dan VIII-B (kelas eksperimen).
Bentuk instrument yang digunakan ialah soal tes uraian yang berjumlah 5 butir soal materi bangun ruang sisi datar. Untuk validitas dan reliabilitas soal dilakukan uji coba soal di kelas IX-A dengan rumus Alpha dan diperoleh kesimpulan sebanyak butir 5 soal dinyatakan reliabilitas sangat tinggi dan valid.
Hasil analisis data hasil belajar matematika siswa secara deskriptif diperoleh bahwa, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 67 sedangkan nilai ratarata kelas kontrol adalah 60. Selanjutnya dilakukan uji independent sample t-test yang diperoleh nilai signifikasi (Sig.) ≤ 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaran menggunakan media video dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda secara signifikan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Pembelajaran Menggunakan Media Video Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda
Pengarang Della Taurintya - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEL p 2023
Subyek Perbedaan hasil belajar
Pembelajaran Media Video
Bangun Ruang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua