Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Pembelajaran Menggunakan Media Video Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran berbasis video dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan desain yang digunakan adalah posttest only control group dengan memberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media video di kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Pengampilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yaitu VIII-A (kelas kontrol) dan VIII-B (kelas eksperimen).
Bentuk instrument yang digunakan ialah soal tes uraian yang berjumlah 5 butir soal materi bangun ruang sisi datar. Untuk validitas dan reliabilitas soal dilakukan uji coba soal di kelas IX-A dengan rumus Alpha dan diperoleh kesimpulan sebanyak butir 5 soal dinyatakan reliabilitas sangat tinggi dan valid.
Hasil analisis data hasil belajar matematika siswa secara deskriptif diperoleh bahwa, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 67 sedangkan nilai ratarata kelas kontrol adalah 60. Selanjutnya dilakukan uji independent sample t-test yang diperoleh nilai signifikasi (Sig.) ≤ 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara pembelajaran menggunakan media video dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda secara signifikan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Pembelajaran Menggunakan Media Video Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 45 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Della Taurintya - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEL p 2023 |
Subyek | Perbedaan hasil belajar Pembelajaran Media Video Bangun Ruang |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY