Detail Cantuman Kembali
MELINIA DWINATARI - Personal Name

PROSES ADAPTASI MAHASISWA PERANTAU MELALUI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI KASUS PADA ALUMNI PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA POLANDIA)

Melinia Dwinatari. 2023. "Proses Adaptasi Mahasiswa Perantau melalui Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus pada Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia Polandia) " Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat dan mengetahui proses adaptasi Mahasiswa Perantau asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Polandia dan peran Komunikasi Antarbudaya dalam membantu mereka beradaptasi di lingkungan baru. Penelitian ini dilakukan di Samarinda dan melibatkan alumni PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) di Polandia sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus, dimana penulis memfokuskan pada empat hal yaitu Alumni PPI Polandia sebagai informan, data yang dikumpulkan melalui observasi wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini menggunakan teori adaptasi budaya dari Kim Young Yun: Dinamika Stress-Adaptasi-Pertumbuhan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor tertentu dapat mempengaruhi proses adaptasi mahasiswa perantau. Dalam fase stress, mereka harus berhadapan dengan culture shock seperi menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan yang ada di Polandia terutama perbedaan bahasa. Dalam fase adaptasi, mereka mulai bisa beradaptasi melalui bahasa non verbal seperti gesture tubuh. Pada fase pertumbuhan mereka akhirnya mulai membatasi diri mereka dan memberikan batasan pada pergaulan agar tetap berada dalam identitas diri mereka.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PROSES ADAPTASI MAHASISWA PERANTAU MELALUI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA (STUDI KASUS PADA ALUMNI PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA POLANDIA)
Pengarang MELINIA DWINATARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEL p 2023
Subyek Adaptasi budaya, proses adaptasi, mahasiswa peran
Adaptasi budaya, proses adaptasi, mahasiswa perant
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ILMU KOMUNIKASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua