Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas XI IPA SMA Budi Luhur Samarinda.
Khusnul Yumni Bulan Sari, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas XI IPA SMA Budi Luhur Samarinda, Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Sri Purwati, S.Pd., M. Si selaku dosen pembimbing I dan Drs. H. Jailani, M. Si selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMA Budi Luhur Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan kelas eksperimen yaitu XI IPA 1 dan kelas kontrol XI IPA 2. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa uji t dengan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar yaitu (0,0000
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas XI IPA SMA Budi Luhur Samarinda. |
---|---|
Pengarang | Khusnul Yumni Bulan Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KHU p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) keterampilan kolaborasi peta konsep |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY