PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONG IRAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram tahun pelajaran 2022/2023. Terdapat 3 variabel pada penelitian ini, yaitu Pengelolaan Kelas (X1) dan Motivasi Belajar (X2) sebagai variabel bebas, serta hasil belajar matematika (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram tahun pelajaran 2022/2023, yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 90 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik probability sampling, dengan sampel sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 55 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data pengelolaan kelas dan motivasi belajar, serta tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan uji coba instrumen di kelas VIIIc yang terdiri dari 27 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 26.0. Hasil analisis data secara deskriptif diperoleh rata-rata skor variabel pengelolaan kelas adalah 37,54; rata-rata skor motivasi belajar sebesar 37,76; dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 48,75. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa pengelolaan kelas memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,021 dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan signifikansi sebesar 0,001. Adapun sebesar 60,8% variasi nilai hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh model hubungan liniernya dengan variabel pengelolaan kelas dan motivasi belajar dalam model regresi dugaan yang diperoleh. Dengan demikian, terdapat pengaruh Pengelolaan Kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram tahun pelajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONG IRAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Maya Renanda - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAY p 2023 |
Subyek | motivasi belajar Hasil Belajar Matematika pengelolaan kelas |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY