KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023
Fajrin Nurul, 2023. Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Drs. H. Asyril, M.Si dan Dr. H. Abdul Basir A, M.Si Keterampilan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan peserta didik menyelesaikan masalah dengan memanfaatkan ilmu penegetahuan yang dimiliki peserta didik. Pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin keterampilan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkahlangkah polya pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan januari 2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda yang berjumlah 78 siswa dan objek penelitian ini adalah keterampilan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari mentranskip data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa pada kategori sangat baik sebanyak 3 orang, keterampilan siswa pada kategori baik sebanyak 8 orang, keterampilan siswa pada kategori cukup sebanyak 23 orang, keterampilan siswa pada kategori kurang sebanyak 21 orang, dan keterampilan siswa pada kategori sangat kurang sebanyak 23 orang. Berdasarkan langkah memahami masalah diperoleh rata-rata persentase 42% termasuk kategori sangat rendah, menyusun rencana pemecahan masalah diperoleh rata-rata persentase 40% termasuk kategori sangat rendah, melaksanakan rencana pemecahan masalah diperoleh rata-rata persentase 39% termasuk kategori sangat kurang dan memeriksa kembali diperoleh rata-rata persentase 27% termasuk kategori sangat kurang. Dengan demikian disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya pada soal cerita sistem persamaan linear satu variabel kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda tergolong sangat kurang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Nurul Fajrin - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR k 2023 |
Subyek | Matematika PEMECAHAN MASALAH Polya : Keterampilan Soal Cerita |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY