Detail Cantuman Kembali
Kartika Sri Rezeki - Personal Name

Keragaman Bakteri Pada Bumbu Basah

KARTIKA SRI REZEKI. Keragaman Bakteri Pada Bumbu. Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman, 2023. (dibawah bimbingan Krishna Purnawan Candra dan Bernatal Saragih).
Bumbu merupakan bermacam hasil tanaman yang memiliki aroma harum seperti lengkuas, kunyit, jahe, kayu manis, pala, merica dan dipergunakan untuk menyedapkan masakan. Gaya hidup praktis dan industri kuliner yang kian meningkat menyebabkan berkembangnya industri kuliner untuk membuka peluang usaha pengolahan bumbu basah instan untuk tidak membuang banyak waktu selama memasak. Pengolahan bumbu instan memerlukan penanganan yang aman dan sehat, termasuk bebas dari kontaminasi mikroba pathogen. Dewasa ini banyak dilakukan studi terhadap bumbu basah instan, sehingga jumlah pustaka original research bertemakan perihal bumbu basah instan sangat banyak kendati tidak didampingi oleh ulasan artikel. Studi ini terlaksana guna memberikan gambaran umum berbagai macam bakteri pada bumbu, serta sebagai pustaka holistik terbaru terkait bakteri pada bumbu sehingga memfasilitasi dasar guna penelitian lebih lanjut.
Penulisan studi pustaka ini terlaksana selama Maret hingga Mei 2023. Penelitian ini merupakan Systematic Review yang mengadopsi metode PRISMA dengan melakukan identification, screening, eligibility, dan included pustaka terpilih. Pengambilan data secara daring dari database Science Direct, Google Scholar, DOAJ, Neliti maupun Portal Garuda. Eligibility dilakukan untuk menentukan jumlah pustaka yang digunakan pada penulisan studi pustaka ini yaitu 50 jurnal, baik artikel review maupun artikel original.
Hasil studi literatur memperlihatkan bila pada bumbu basah instan mengandung beberapa bakteri yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang diterapkan dalam SNI 7388-2009 dari mutu mikrobiologis cemaran Coliform, Salmonella sp, Angka Lempeng Total (ALT), dan Kapang. Tingkat kebersihan penjual sangat memengaruhi pertumbuhan cemaran mikroba pada bumbu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Keragaman Bakteri Pada Bumbu Basah
Pengarang Kartika Sri Rezeki - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KAR k 2023
Subyek bumbu basah instan
bakteri pada bumbu
coliform,
salmonella sp
kapang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertaniaan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua