PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDA
Istiqomah Faras Al’Hayyu, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Prof. Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII di SMPN 11 Samarinda yang kurang. Hal ini terlihat ketika kegiatan pembelajaran siswa merasa jenuh, mengantuk, mengobrol dengan teman diluar materi pelajaran, dan tidak memperhatikan guru. Sehingga perlu adanya penerapan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi kelas VIII SMPN 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas VIII H sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII I sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data pada uji Independent Sample t test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 untuk kemampuan berpikir kritis dan 0,002 untuk minat belajar siswa. Nilai tersebut kurang dari 0,05 sehingga Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Istiqomah Faras Al'Hayyu - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IST p 2023 |
Subyek | Minat Belajar Siswa Kemampuan Berpikir Kritis Model Problem Based Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY