Pengaruh Bermain Interaktif Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika V-11 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kemampuan matematika awal dalam hal mengelompokkan, mengurutkan, membandingkan, mengenal serta menyebutkan warna, bentuk dan ukuran pada benda melalui bermain interaktif pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartika V-11 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh anak kelompok B TK Kartika V-11 Samarinda, yang berjumlah 31 anak. Sampel penelitian ini adalah sampel total dengan jumlah siswa 31 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 22 anak laki-laki. Hasil penelitian ini yaitu, nilai rata-rata pretest adalah 33,31 dengan presentase 87,1% anak dalam kategori belum berkembang dan 12,9% anak dalam kategori mulai berkembang. Setelah adanya treatment (perlakuan), nilai rata-rata posttest adalah 70,52 dengan presentase 12,9% berkembang sangat baik, 74,2% berkembang sesuai harapan, dan 12,9% anak dalam kategori mulai berkembang. Berdasarkan hasil pretest dan posttest hasil n-gain diperoleh kriteria kategori sedang, yaitu normalized gain 0,5 < 0,7 dengan persentase 56,43% yang berarti bermain interaktif untuk kemampuan matematika awal anak berada pada kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil dari n-gain menunjukkan adanya pengaruh kemampuan matematika awal setelah adanya perlakuan melalui penggunaan media pada bermain interaktif. Untuk menguji signifikasi dengan cara membandingkan t0 (t-hitung) dengan tt (t- tabel). Pada taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh tt sebesar 1,697, kemudian dibandingkan dengan jumlah t0 sebesar 35,964. Maka dapat diketahui bahwa t0 lebih dari tt yaitu 35,964 > 1,697. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan postest pada kelompok eksperimen. Maka hipotesis alternative (Ha) di terima dan hipotesis nol (H0) ditolak, artinya terdapat pengaruh kemampuan matematika awal melalui bermain interaktif pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartika V-11 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Bermain Interaktif Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika V-11 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Marcella Jeanet Matabesi Manek - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAR p 2023 |
Subyek | Alat Bermain, Anak Usia Dini Balok Konstruktif Bermain Interaktif, Geometri Kemampuan Matematika Awal Meronce, Puzzle |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY