Detail Cantuman Kembali
Fitriani - Personal Name

Analisis Bentuk dan Fungsi Mantra Pada Tuturan Upacara Sengiang Dayak Bulusu di Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara.

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan bentuk mantra dalam tuturan upacara adat Sengiang di Desa Maritam, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. (2) Mendeskripsikan fungsi dalam tuturan upacara adat Sengiang di Desa Maritam, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Metode dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode Desriptif dan teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data yaitu (i) Mantra terdiri dari rangkaian kata yang memiliki unsur irama dan rima, (ii) Bersifat lisan, sakti atau magis, (iii) Bersifat Asoferik, (iv) Menggunakan bahasa yang kurang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi Mantra Sengiang adalah (i) Fungsi sebagai pengendali sosial, (ii) Fungsi sebagai pengingat, (iii) Fungsi sebagai sarana toleransi, (iv) Fungsi mantra sebagai pelestarian budaya lokal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Bentuk dan Fungsi Mantra Pada Tuturan Upacara Sengiang Dayak Bulusu di Kecamatan Sekatak Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara.
Pengarang Fitriani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT a 2023
Subyek Mantra,Tuturan,UpacaraSengiang,Bulusu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua