Detail Cantuman Kembali
Via Nurul Hikmah - Personal Name

KOMPOSISI KIMIA DAN PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP BROWNIES KUKUS DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG TULANG IKAN BANDENG (Chanos chanos)

Via Nurul Hikmah, 2023. Komposisi Kimia dan Penerimaan Konsumen Terhadap Brownies kukus dengan Penambahan Tepung Tulang Ikan Bandeng (Chanos chanos). (Dibimbing oleh Andi Noor Asikin dan Seftylia Diachanty)
Tulang ikan merupakan salah satu bentuk hasil samping dari industri hasil pengolahan ikan yang masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Salah satu pemanfaatan tulang ikan yaitu mengolahnya menjadi tepung. Tepung tulang ikan dapat ditambahkan pada produk salah satunya brownies kukus. Penelitian ini bertujuan mengetahui komposisi kimia brownies kukus dengan penambahan tepung tulang ikan bandeng dan mengetahui tingkat kesukaan konsumen terbaik terhadap kualitas brownies kukus dengan penambahan tepung tulang ikan bandeng. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan penambahan persentase tepung tulang ikan bandeng yaitu B0 (0% sebagai kontrol), B1 (1%), B2 (2%) dan B3 (3%) pada brownies kukus. Parameter yang diuji adalah kadar air, abu, protein, lemak, karbohidrat, kalsium serta uji hedonik meliputi parameter rasa, aroma, tekstur,dan warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung tulang ikan bandeng memberikan pengaruh nyata terhadap uji kimia dan tidak memberikan pengaruh nyata pada terhadap uji hedonik. Hasil analisis kimia pada kadar air (21,05% - 22,19%), abu (6,19% - 1,75%), protein (5,65% - 6,09%), lemak (19,12% - 18,52%), karbohidrat (51,43% - 51,42%) dan kalsium (1,12% - 1,21%). Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa P3 ( 3% tepung tulang ikan) lebih disukai oleh panelis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KOMPOSISI KIMIA DAN PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP BROWNIES KUKUS DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG TULANG IKAN BANDENG (Chanos chanos)
Pengarang Via Nurul Hikmah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI VIA k 2023
Subyek Brownies Kukus, Hedonik, Ikan Bandeng,
Kalsium, Proksimat, Tepung Tulang Ikan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Tekhnologi Hasil Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua