Detail Cantuman Kembali
Friska Anatasya - Personal Name

KEPENTINGAN CINA DALAM MENDUKUNG KEPEMIMPINAN REZIM TALIBAN DI AFGHANISTAN TAHUN 2021-2023

Friska Anatasya, NIM 19020406034, Skripsi judul “Kepentingan Cina Dalam Mendukung Kepemimpinan Rezim Taliban di Afghanistan Tahun 2021-2023”, dalam bimbingan dosen Chairul Aftah, S. IP, MIA. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kepentingan Cina di Afghanistan dalam mendukung kepemimpinan Rezim Taliban di Afghanistan tahun 2021-2023. Dalam penelitian ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep Kepentingan Nasional milik Donald E. Nuechterlein.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data, penulis mengumpulkan data melalui studi kepustakaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan Cina dalam mendukung kepemimpinan rezim Taliban di Afghanistan tahun 2021-2023 dipengaruhi oleh tiga kepentingan yang bersesuaian dengan konsep kepentingan nasional Donald E. Nuechterlein, yaitu; pertama kepentingan pertahanan, dimana Cina berkepentingan untuk mengontrol aktivitas gerakan militan Uighur yang secara geografis dan ideologis berdekatan dengan Taliban sehingga mendukung dan menjalin komunikasi dengan Taliban sebagai pemerintahan baru di Afghanistan dirasa perlu sebagai harapan agar Taliban mampu mencegah infiltrasi ETIM ke Xinjiang, kedua kepentingan ekonomi, Cina ingin menjaga konektivitas strategisnya dengan Taliban sebagai pemimpin baru Afghanistan guna menjaga ketidakpastian atas keamanan investasi dan proyek ekonomi yang dibangun Cina di Afghanistan, ketiga kepentingan tatanan dunia, keinginan Cina untuk memperkuat posisinya dalam world order ialah melalui Belt and Road Initiative, Afghanistan yang merupakan bagian dari BRI dapat bertindak sebagai penghubung penting dalam menjangkau pasar-pasar utama di seluruh Eropa, Asia, dan sekitarnya sehingga Cina ingin mendorong Afghanistan untuk mengambil posisi sebagai pemain sentral di Asia Tengah dan Selatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEPENTINGAN CINA DALAM MENDUKUNG KEPEMIMPINAN REZIM TALIBAN DI AFGHANISTAN TAHUN 2021-2023
Pengarang Friska Anatasya - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FRI k 2023
Subyek Cina
kepentingan nasional
Rezim Taliban
Afghanistan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Hubungan Internasional
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua