Detail Cantuman Kembali
HADI WIBOWO - Personal Name

PENGALAMAN MENERAPKAN TPACK PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 ALUMNI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN TAHUN 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengalaman ketika menerapkan TPACK pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid19 alumni mahasiswa PPG dalam jabatan FKIP Universitas Mulawarman Tahun 2021. (2) hambatan yang dialami ketika menerapkan TPACK pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 alumni mahasiswa PPG dalam jabatan FKIP Universitas Mulawarman Tahun 2021. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Universitas Mulawarman pada program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan mewawancarai tiga informan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Data dianalisis dengan menggunakan interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman menerapkan TPACK pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yaitu memiliki kesan dan makna tersendiri. Dalam proses pelaksanaannyapun tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan pada masing-masing informan yang diwawancarai. Penggunaan teknologi yang berbasis internet tentunya membuat guru, peserta didik maupun orang tua harus saling bekerja sama agar proses belajar mengajar tetap berlangsung meski dilakukan dari rumah selama masa pandemi Covid-19. Adapun hambatannya berhubungan dengan fasilitas yang diberikan orang tua kepada peserta didik, dalam hal ini adalah perangkat keras (hardware) minimal HP yang mendukung untuk mengikuti pembelajaran daring. Namun realitanya guru yang mengajar pada SD negeri masih mendapati adanya peserta didik yang tidak memiliki HP yang berbasis android karena kondisi ekonomi orang tua yang berbeda-beda sehingga terhambatnya penyampaian materi pembelajaran yang akan disampaikan. Hal ini membuat guru mengarahkan orang tua untuk datang ke sekolah bersama anaknya diberikan materi dan penjelasan mengenai tugas yang diberikan. Hambatan berikutnya adalah berkaitan dengan kemampuan pedagogi dan kemampuan guru sendiri dalam menguasai teknologi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGALAMAN MENERAPKAN TPACK PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 ALUMNI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN TAHUN 2021
Pengarang HADI WIBOWO - Personal Name
No. Panggil TESIS HAD p 2022
Subyek Pengalaman alumni, TPACK, Pembelajaran Daring, PPG
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua