Detail Cantuman Kembali
PRASETYO - Personal Name

PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU DALAM KELAS DAN MOTIVASIBELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI PPU

Prasetyo. 2023. Pengaruh Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Guru Dalam Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri PPU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman: (I) Drs. H. Kukuh, M.Pd, (II) Dr. Sugeng, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri PPU pada tahun ajaran 2022/2023.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas (X1) serta motivasi belajar siswa (X2) dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri PPU. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 202 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket yang diujicoba terlebih dahulu sebelum diberikan kepada siswa. Tes hasil belajar digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Barisan dan Deret, sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas dan data motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikan (a) sebesar 5%.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas berada pada kategori sedang, rata-rata motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang, dan rata-rata hasil belajar matematika siswa berada pada kategori sedang dengan persentase siswa yang tuntas hanya 4%. Hasil analisis inferensial untuk uji F menunjukan nilai signifikan F kurang dari a yaitu 0,772 kurang dari 0,05 maka H0 diterima, berarti tidak terdapat pengaruh persepsi siswa pada pembelajaran guru dalam kelas dan motivasi belajar secara bersamasama atau simultan terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil analisis inferensial untuk uji t menunjukan nilai signifikansi untuk koefisien regresi B1 (persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas) dan nilai signifikansi untuk koefisien regresi B2 (motivasi belajar siswa) lebih besar dari a yaitu 0,495 kurang dari 0,05 dan 0,890 kurang dari 0,05 maka H0 diterima, berarti variabel persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dan variabel motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri PPU pada tahun ajaran 2022/2023.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU DALAM KELAS DAN MOTIVASIBELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI PPU
Pengarang PRASETYO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PRA p 2023
Subyek motivasi belajar
Hasil Belajar Matematika Siswa
pembelajaran dalam kelas
barisan dan deret
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matemtaika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua