HUBUNGAN FANATISME DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR K-POP DI MASA PASCA PANDEMI
Selama pandemi covid-19 penjualan album K-Pop mengalami peningkatan. Terbatasnya akses untuk bertemu idola K-Pop secara langsung, membuat fans KPop menghabiskan waktu melakukan pengidolaan melalui media sosial. Para fans K-Pop rela mengeluarkan uang untuk membeli marchindise seperti album kpop, lightstick, postcard, fotocard, poster hingga baju sebagai bentuk upaya untuk menunjukkan kecintaannya terhadap sang idola. Perilaku fanatisme tersebut mendorong perilaku konsumtif untuk membeli barang-barang yang sudah mereka miliki sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif pada penggemar Kpop di masa pasca pandemi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang penggemar K-Pop. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala fanatisme dengan nilai reliabilitas = 0.843 dan skala perilaku konsumtif dengan nilai reliabilitas = 0.776. Teknik Analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung = 0.447 dan p=0.000 < 0.05. Artinya, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif pada penggemar k-pop di masa pasca pandemi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN FANATISME DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGEMAR K-POP DI MASA PASCA PANDEMI |
---|---|
Pengarang | NOR AMALIA AZIZAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOR h 2023 |
Subyek | Perilaku Konsumtif fanatisme penggemar K-Pop |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY