Detail Cantuman Kembali
RAHMADANI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Rahmadani,2022,Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Sekitarroklamasi melaui model pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan H. Makmun, M.Ag, Ph.D sebagai dosen pembimbing II. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Peristiwa sekitar proklamasi, Model Pembelajaran Talking Stick. Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar IPS masih relatif rendah, hal ini disebabkan oleh teknik pengajaran guru masih kurang menarik sehingga membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada nilai siswa dan mengarah ke prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang Peristiwa Sekitar Proklamasi melalui model pembelajaran Takling Stick pada siswa kelas V SDN 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswasiswi kelas V SDN 008 Sungai Kunjang yang berjumlah 34 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan, serta satu guru kelas dan objek penelitian adalah hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam proses belajar mengajar IPS tentang peristiwa sekitar proklamasi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2022 sampai 30 Mei 2022. Prosudur Penelitian ini terdiri dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa model pembelajaran Talking Stick meningkatkan hasil belajar IPS, dilihat dari persentase ketuntasan pada kondisi awal yaitu 26.47%, meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan 52.94%, dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntas 73.53% serta meningat lagi pada siklus III dengan persentase ketuntasan 88.24%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS tentang peristiwa sekitar proklamasi melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SDN 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2022/2023.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN 008 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Pengarang RAHMADANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH P 2022
Subyek Model Pembelajaran Talking Stick
Hasil Belajar IPS
Peristiwa sekitar proklamasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua