HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA PONDOK PESANTREN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan penyesuaian diri pada siswa pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 108 siswa pondok pesantren yang diambil semua menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala penyesuaian diri dan skala dukungan orang tua. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan penyesuaian diri pada siswa pondok pesantren dengan nilai r hitung = 0.528 lebih besar dari r tabel = 0.189 dan nilai p = 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan dengan arah positif. Artinya, semakin tinggi dukungan orangtua maka semakin tinggi penyesuaian diri siswa pondok pesantren juga sebaliknya jika semakin rendah dukungan orang tua maka semakin rendah penyesuaian diri siswa pondok pesantren.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA PONDOK PESANTREN |
---|---|
Pengarang | Ginting, Mellyananta Noer - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI GIN H 2023 |
Subyek | penyesuaian diri Dukungan Orangtua |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY