Detail Cantuman Kembali

Re-Desain Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dengan Fasilitas Black Soldier Fly (Hermetia illucens)

Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam berbentuk padat. Secara teoritik untuk menangani masalah sampah harus melalui pendekatan sumber yaitu menangani sampah langsung pada sumbernya. TPS 3R Sidodadi Berseri berlokasi di Jalan Pahlawan, Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Timbulan sampah yang dihasilkan Pasar Segiri pada tahun 2021 sebesar 19.906,60 kg/hari yang didominasi berbagai jenis sayuran dan buah yaitu sebesar 95,45%. Namun, saat ini belum melakukan upaya mereduksi sampah yang masuk dari Pasar Segiri, sehingga timbulan sampah yang diangkut ke TPA menjadi lebih besar. Black Soldier Fly (BSF) dapat digunakan sebagai pengolahan sampah Pasar Segiri khususnya sampah organik untuk mengurangi dampak negatif penumpukan sampah dan perlu dilakukan redesain TPS 3R Sidodadi Berseri dengan menambahkan fasilitas budidaya BSF. Pada penelitian ini, pelaksanaan prosedur sampling timbulan sampah sesuai dengan SNI selama 8 hari berturut-turut. Dilakukan analisis komposisi sampah dan perhitungan proyeksi timbulan sampah dan proyeksi pedagang berdasarkan jumlah pedagang dan kapasitas pasar. Selanjutnya, menentukan skenario desain terpilih yang telah direncanakan, merencanakan penambahan fasilitas pengolahan sampah organik oleh Black Soldier Fly, dan melakukan perhitungan biaya investasi dan produksi. Berdasarkan kondisi eksisting, perlu dilakukan kegiatan penanganan sampah di TPS 3R Sidodadi Berseri yang meliputi pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, dan pemrosesan akhir. Timbulan sampah di TPS 3R Sidodadi Berseri mencapai 17,12 kg/pedagang/hari dan densitas sampah sebesar 437,06 kg/m3. Komposisi sampah didominasi oleh sampah organik sebesar 95,15 % dan 4,85 % sisanya merupakan sampah anorganik. Pengelolaan sampah menggunakan fasilitas BSF karena tingginya potensi sampah oranik yang masuk ke TPS 3R Sidodadi Berseri. Pada tahun perencanaan, TPS 3R Sidodadi Berseri melayani 1.145 jiwa dengan timbulan sampah sebesar 19.595,33 kg/hari. Melalui perencanaan ini, skenario desain terpilih merupakan skenario desain 1 yang menghasilkan produk jual berupa kasgot sebanyak 5.067,30 kg dan larva basah sebanyak 8.313,77 kg. dalam pengelolaan fasilitas ini, TPS 3R Sidodadi Berseri membutuhan biaya investasisebesar Rp. 723.481.790,00, biaya operasional sebesar Rp. 851.791.760,00, dan akan menghasilkan potensi pendapatan sebesar Rp. 1.798.796.004,64/tahun. Dari biaya tersebut diperoleh nilai NPV positif yang berarti perencanaan pengembangan layak secara finansial.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Re-Desain Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dengan Fasilitas Black Soldier Fly (Hermetia illucens)
Pengarang Thiara Chikita Dewi Fortuna - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI THI r 2023
Subyek Sampah Organik
TPS 3R
Black Soldier Fly
Redesain
Pengolahan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Lingkungan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua