Detail Cantuman Kembali
ERWIN VELANTON TANDILINO - Personal Name

PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN DENGAN METODE SERVQUAL DAN COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI)

PT. SiCepat Express Indonesia merupakan perusahaan di bidang logistik yang memberikan layanan pengiriman paket ke seluruh wilayah Indonesia. Fokus utama dalam pelayanannya adalah pengiriman 15 jam sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung serta pengiriman 1 hari sampai untuk kota besar seluruh wilayah Indonesia. Latar belakang penulisan skripsi ini dikarenakan adanya penurunan jumlah konsumen pada SiCepat Express Cabang Kadrie Oening. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian mengenai kualitas pelayanan dan juga kepuasan pelanggan SICepat Express untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh SICepat Express. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Service Quality (SERVQUAL) dan Costumer Satisfaction Index (CSI). Metode SERVQUAL digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan dengan menggunakan gap 5 yaitu menghitung selisih antara persepsi dan ekspektasi dari konsumen. Dan metode CSI digunakan untuk mengetahui kepuasan pelanggan berdasarkan dengan kualitas pelayananan yang diberikan oleh SiCepat Express. Untuk pengambilan data dilakukan dengan mambagikan kuesioner kepana konsumen. Berdasarkan hasil Analisa menggunakan metode SERVQUAL diketahui bahwa pelayanan SiCepat Express sudah cukup baik dengan Gap yang didapatkan antara persepsi dan ekspektasi sebesar 0,02. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi dan juga ekspektasi dari pelanggan sudah terpenuhi oleh SiCepat berdasarkan dengan kuesioner dari 5 dimensi yang ada. Metode CSI digunakan untuk mengetahui kepuasan pelanggan berdasarkan dengan kualitas pelayanna yang diberikan. Hasil yang diperoleh dari perhitungan CSI adalah sebesar 76,24% yang sudah termasuk dalam rentan 66%-80% yang berarti secara keseluruhan konsumen SiCepat merasa puas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN DENGAN METODE SERVQUAL DAN COSTUMER SATISFACTION INDEX (CSI)
Pengarang ERWIN VELANTON TANDILINO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ERW p 2023
Subyek Kualitas Pelayanan
SERVQUAL
Costumer Satisfaction Index
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK INDUSTRI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua