PENGARUH PERAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI SAMARINDA
Penelitian ini didasari adanya hasil belajar yang di ukur melalui kompetensi siswa dengan melihat hasil dari proses pembelajaran dalam bentuk nilai atau angka yang didapat siswa melalui ulangan atau ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 84 guru di SMP Negeri 15 Samarinda, SMP Negeri 18 Samarinda dan SMP Negeri 43 Samarinda. Data didapatkan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,067 > ttabel 1,662 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0,282 artinya peran guru berpengaruh sebesar 28,2% terhadap hasil belajar. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi peran guru dalam proses pembelajaran maka semakin tinggi pula semangat siswa untuk tekun dalam belajar sehingga mencapai nilai yang memuaskan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PERAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Helmi Adriani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HEL p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar Peran Guru |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY