Detail Cantuman Kembali
SILVIA ARAS - Personal Name

PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KONTEN BILANGAN DI SMP NEGERI 3 TANJUNG REDEB

Aras, Silvia. 2023. Profil Kemampuan Kognitif Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Bilangan di Smp Negeri 3 Tanjung Redeb. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing : (I) Dr. Rusdiana, M.Pd. dan (II) Nanda Arista Rizki, S. Si., M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan kognitif matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb dalam menyelesaikan soal TIMSS konten bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Redeb yang berjumlah 114 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kemampuan siswa menjawab benar yaitu untuk kognitif pengetahuan dengan persentase 58%, kognitif penerapan dengan persentase 43% dan kognitif penalaran dengan persentase 20%. Kemampuan siswa lebih dominan pada kognitif pengetahuan dengan persentase yang lebih tinggi dari kognitif penerapan dan penalaran. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan profil kemampuan siswa terdiri dari 3 kategori yaitu : (1) Pada kategori kognitif pengetahuan (knowing) yaitu siswa yang berada pada kelompok bawah dan tengah belum mampu berhitung. Siswa kelompok tengah juga belum mampu dalam mengingat konsep penyelesaian soal. Sementara siswa kelompok atas sudah mampu berhitung, mengingat dan memperoleh informasi. (2) Kognitif penerapan (applying) yaitu siswa yang berada pada kelompok bawah belum mampu memodelkan dan menyajikan data. Akan tetapi, beberapa siswa sudah mampu menentukan strategi dalam menyelesaikan soal. Sedangkan siswa kelompok tengah sudah mampu memodelkan dan menyajikan data penyelesaian soal. Akan tetapi, beberapa siswa belum mampu menentukan strategi dalam menyelesaikan soal. Sementara siswa kelompok atas sudah mampu dalam ketiga indikator kognitif tersebut. (3) Kognitif penalaran (reasoning) yaitu siswa yang berada pada kelompok bawah dan tengah belum mampu menguasai semua indikator kognitif. Sedangkan siswa kelompok atas sudah mampu menyelesaikan masalah, menganalisis dan memberikan penjelasan mengenai langkah dalam menyelesaikan soal

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KONTEN BILANGAN DI SMP NEGERI 3 TANJUNG REDEB
Pengarang SILVIA ARAS - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIL p 2023
Subyek timss
Kemampuan Kognitif Matematis
Bilangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua