PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KONTEN BILANGAN DI SMP NEGERI 3 TANJUNG REDEB
Aras, Silvia. 2023. Profil Kemampuan Kognitif Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Bilangan di Smp Negeri 3 Tanjung Redeb. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing : (I) Dr. Rusdiana, M.Pd. dan (II) Nanda Arista Rizki, S. Si., M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan kognitif matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb dalam menyelesaikan soal TIMSS konten bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Redeb yang berjumlah 114 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : kemampuan siswa menjawab benar yaitu untuk kognitif pengetahuan dengan persentase 58%, kognitif penerapan dengan persentase 43% dan kognitif penalaran dengan persentase 20%. Kemampuan siswa lebih dominan pada kognitif pengetahuan dengan persentase yang lebih tinggi dari kognitif penerapan dan penalaran. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan profil kemampuan siswa terdiri dari 3 kategori yaitu : (1) Pada kategori kognitif pengetahuan (knowing) yaitu siswa yang berada pada kelompok bawah dan tengah belum mampu berhitung. Siswa kelompok tengah juga belum mampu dalam mengingat konsep penyelesaian soal. Sementara siswa kelompok atas sudah mampu berhitung, mengingat dan memperoleh informasi. (2) Kognitif penerapan (applying) yaitu siswa yang berada pada kelompok bawah belum mampu memodelkan dan menyajikan data. Akan tetapi, beberapa siswa sudah mampu menentukan strategi dalam menyelesaikan soal. Sedangkan siswa kelompok tengah sudah mampu memodelkan dan menyajikan data penyelesaian soal. Akan tetapi, beberapa siswa belum mampu menentukan strategi dalam menyelesaikan soal. Sementara siswa kelompok atas sudah mampu dalam ketiga indikator kognitif tersebut. (3) Kognitif penalaran (reasoning) yaitu siswa yang berada pada kelompok bawah dan tengah belum mampu menguasai semua indikator kognitif. Sedangkan siswa kelompok atas sudah mampu menyelesaikan masalah, menganalisis dan memberikan penjelasan mengenai langkah dalam menyelesaikan soal
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS KONTEN BILANGAN DI SMP NEGERI 3 TANJUNG REDEB |
---|---|
Pengarang | SILVIA ARAS - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIL p 2023 |
Subyek | timss Kemampuan Kognitif Matematis Bilangan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY