Detail Cantuman Kembali
MAULANI AL AMIN - Personal Name

ANALISIS WACANA TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA DALAM NOVEL DIARY OF A WIMPY KID KARYA JEFF KINNEY

ABSTRAK

Maulani Al Amin, 1002055181, Analisis Wacana Terhadap Gaya Hidup Remaja Dalam Novel Diary Of A Wimpy Kid Karya Jeff Kinney, di bawah bimbingan Drs. Sugandi, M.Si selaku dosem pembimbing I, Lisbet Situmorang, M.Si selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana wacana teks gaya hidup remaja yang terdapat dalam novel Diary of A Wimpy Kid yang ditulis oleh Jeff Kinney. Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang merupakan ciri sebuah dunia modern. Gaya hidup berbanding lurus dengan perkembangan remaja yang tergolong labil. Tekanan sosial, pergaulan, dan pola penyesuaian diri dengan lingkungan sosial yang baru menggeser jati diri remaja. Novel Diary of A wimpy Kid dipilih karena peneliti merasa novel ini lebih menunjukkan gaya hidup remaja dibandingkan novel-novel bergenre fiksi lainnya. Dalam novel ini tokoh utama digambarkan sebagai remaja yang masih labil dan sedang mencari jati diri pada masa perkembangan manusia, yaitu masa remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruksivisme yang dikemas dalam analisis wacana. Dari tiga macam paradigma, paradigma positivis meempiris, paradigma kosntruktivisme, dan paradigma kritis. Peneliti menggunakan konstruksivisme karena dengan pola berpikir konstruksivis ini menekankan pada pemaknaan dan proses bagaiamana seseorang membuat gambaran tentang realitas.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti bersifat kualitatif dengan pisau analisis wacana model Teun van Djik. Fokus penelitian ini yaitu; (1) Struktur Makro (makna global dari suatu teks) hal diamati ialah topik, (2) Superstruktur (skematik), (3) Struktur Mikro (semantik; latar, detil, praanggapan, nominalisasi), (4) Struktur Mikro (sintaksis; bentuk kalimat, koherensi, kata ganti), (5) Struktur Mikro (stilistik; leksikon), (6) Struktuk Mikro (Retoris; Grafis, metafora).
Peneltian van Djik tidak hanya berfokus pada teks, tapi juga mental dari pengarang serta wacana yang berkembang di masyarakat. Hasil penelitian ini menemukan bahwa makna yang terkandung pada tiap teks yang ada dalam novel Diary of A Wimpy Kid menunjukkan bagaiamana realita yang ada di dalam kehidupan remaja pada zaman sekarang yang dikemukakan secara gamblang serta dikemas dengan saat baik oleh pengarang.
Jadi, wacana gaya hidup remaja yang terdapat dalam novel Diary of A Wimpy Kid karya Jeff Kinney berbicara banyak tentang tekanan sosial di kalangan remaja (popularitas), bullying (penindasan), serta apa yang menjadi minat, pendapat, dan aktivitas yang digemari para remaja

Kata kunci: Analisis Wacana, Gaya Hidup Remaja, Novel Diary of A Wimpy Kid.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS WACANA TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA DALAM NOVEL DIARY OF A WIMPY KID KARYA JEFF KINNEY
Pengarang MAULANI AL AMIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua