Detail Cantuman Kembali
Muhammad Firaasy Akbar - Personal Name

Identifikasi Motif Kain Tenun Ulap Doyo Suku Dayak Benuaq Menggunakan Canny Edge Detection, SURF dan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN)

Indonesia memiliki ribuan kerajinan kain dan tenun yang tersebar di berbagai pulau. Seiring dengan perkembangan zaman, tenun telah berkembang ke seluruh nusantara dan menyebabkan banyak motif unik dan berbeda yang tercipta salah satunya ada di Kalimantan timur yaitu tenun Ulap Doyo khas suku Dayak Benuaq. Penelitian ini membahas tentang identifikasi kain tenun menggunakan Canny Edge Detection serta SURF dan metode K-Nearest Neighbor (KNN). Kain tenun dengan motif Naga, motif Harimau, serta motif Perahu sebanyak 100 data citra akan diolah menggunakan Canny Edge Detection dan SURF dengan parameter 70 key point yang nantinya di klasifikasi dengan menggunakan metode KNN. Dari hasil Klasifikasi yang di lakukan sebanyak 30 kali pengujian didapatkan hasil terbaik pada pengujian 70% atau 70 data latih dengan 30 data uji dengan tingkat akurasi rata-rata sebesar 93,8% dan akurasi tertinggi sebesar 95% dengan k3, k5, dan k7.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi Motif Kain Tenun Ulap Doyo Suku Dayak Benuaq Menggunakan Canny Edge Detection, SURF dan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN)
Pengarang Muhammad Firaasy Akbar - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH i 2023
Subyek KNN
Tenun Ulap Doyo
Canny
SURF
key points
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua