Detail Cantuman Kembali
JESICA FITRIANA DEVI - Personal Name

OPTIMASI PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBSTER (STUDI KASUS: SIMPANG LIMA MUARA RAPAK BALIKPAPAN)

Teori graf merupakan bagian dari ilmu matematika diskrit yang digunakan untukmemvisualisasikan objek-objek agar mudah dimengerti. Graf kompatibilitas merupakan salah satu aplikasi graf dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah transportasi yaitu dengan pemodelan graf. Masalah transportasi dapat diselesaikan dengan penentuan waktu lampu lalu lintas menggunakan metode websteryang dikembangkan oleh F. V Webster. Kawasan simpang lima Muara Rapak Balikpapan seringkali terjadi kemacetan terutama pada saat arus jam sibuk aktivitas masyarakat kota Balikpapan. Oleh karena itu perlu adanya pengaturan lampu lalu lintas untuk mengurangi kemacetan pada kawasan tersebut. Metode yang digunakan pada permasalahan ini adalah metode Webster dan pemodelan graf kompatibilitas untuk mengatasi kemacetan. Metode Webster digunakan untuk mengetahui durasi waktu tunggu kendaraan yang optimal pada persimpangan. Hasil yang diperoleh pada persimpangan Muara Rapak sebanyak 4 fase lalu lintas yang akan dioptimalkan yaitu pada Jalan Ahmad Yani 1, Jalan Klamono, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Ahmad Yani 2. Pengoptimalan waktu tunggu total di persimpangan Muara Rapak menggunakan metode webster menghasilkan waktu siklus optimum yaitu selama 186 detik dimana terjadi penambahan waktu sebanyak 21 detik dari waktu siklus awal selama 165 detik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMASI PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBSTER (STUDI KASUS: SIMPANG LIMA MUARA RAPAK BALIKPAPAN)
Pengarang JESICA FITRIANA DEVI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JES o 2023
Subyek Graf Kompatibilitas
Metode Webster
Simpang Muara Rapak
Waktu Siklus
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua