PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SIMBOL (STUDI PRA-EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB ALAM AL-FATAH SAMARINDA TAHUN 2023)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual berbasis platform aplikasi canva terhadap kemampuan membaca simbol anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test design yang dilaksanakan di KB Alam Al-Fatah Samarinda usia 5-6 tahun sebanyak 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisi data yang digunakan adalah uji statistik yaitu uji normalitas liliefors, levene dan paired t-test. Berdasarkan rerata nilai kemampuan membaca simbol anak sebelum diberi perlakuan adalah 2 dengan kriteria MB kemudian rerata nilai kemampuan membaca simbol sesudah diberi perlakuan mengalami peningkatan menjadi 4 dengan kriteria BSB. Dilihat dari hasil perhitungan sebelum dan sesudah diberi perlakuan menunjukkan nilai Sig= 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 3.566 > ttabel = 2,160 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media audiovisual berbasis platform aplikasi canva terhadap kemampuan membaca simbol anak usia 5-6 tahun di KB Alam Al-Fatah Samarinda tahun 2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SIMBOL (STUDI PRA-EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB ALAM AL-FATAH SAMARINDA TAHUN 2023) |
---|---|
Pengarang | YINDAYATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YIN p 2023 |
Subyek | Media Audiovisual, Kemampuan Membaca Simbol, Anak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY