PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V-A DI SDN 007 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2022/2023
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas V-A SDN 007 Samarinda Ulu khususnya pada mata pelajaran PPKn materi keberagaman sosial budaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peningkatan hasil belajar PPKn materi keberagaman sosial budaya dengan model pembelajaran role playing pada siswa kelas V-A di SDN 007 Samarinda Ulu Tahun ajaran 2022/2023?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn materi keberagaman sosial budaya dengan model pembelajaran role playing pada siswa kelas V-A SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 007 Samarinda Ulu yang berjumlah 28 siswa dan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar PPKn materi keberagaman sosial budaya dengan model pembelajaran role playing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, nilai akhir, dan peningkatan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar PPKn Materi Keberagaman Sosial Budaya dengan Model Pembelajaran Role Playing pada siswa kelas V-A SDN 007 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2022/2023. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dari nilai rata-rata PPKn siswa pada pra siklus sebesar 56,07 dengan persentase siswa yang tuntas 28,57%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71,96 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 25% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 53,57%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,35 dengan persentase peningkatan dari nilai pra siklus sebesar 57,14% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 85,71%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V-A DI SDN 007 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Fredikta Willy - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FRE p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar PPKn Materi Keberagaman Sosial Budaya Model Pembelajaran Role Playing SKRIPSI PGSD |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY