PENGARUH MARKETING MIX 7P TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PELAYANAN EDUKASI PERTANIAN P4S PURI LEISA
PUTRI ANISA SALSABILA. Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pelayanan Edukasi Pertanian P4S Puri Leisa. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (dibawah bimbingan Firda Juita). Loyalitas konsumen merupakan aspek yang sangat penting, karena konsumen yang loyal dapat membantu bisnis untuk berkembang dan menjaga keberlangsungan pertumbuhan suatu usaha. Loyalitas konsumen sering timbul dari hasil yang didapat dari kepuasan konsumen akan sebuah produk barang atau jasa. Suatu usaha akan melakukan serangkaian strategi pemasaran agar menciptakan konsumen yang loyal, termasuk mengendalikan variabel Marketing Mix untuk mengasilkan respon yang diinginkan dari target pasarnya secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Marketing Mix terhadap loyalitas konsumen dan juga pengaruhnya melalui faktor kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di P4S Puri Leisa Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda pada bulan Januari hingga bulan April 2023. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 36 orang konsumen P4S Puri Leisa. Pengolahan data dilakukan dengan analisis SEMPLS (Structural Equation Model Partial Least Square) menggunakan aplikasi SMARTPLS 4. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel harga, orang, sarana fisik, proses dan kepuasan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel tempat berpengaruh negatif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel promosi berpengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel produk, tempat, promosi dan sarana fisik berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan. Variabel harga,orang dan proses berpengaruh negaitf dan tidak signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MARKETING MIX 7P TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PELAYANAN EDUKASI PERTANIAN P4S PURI LEISA |
---|---|
Pengarang | PUTRI ANISA SALSABILA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PUT p 2023 |
Subyek | Kepuasan Loyalitas Konsumen marketing mix |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | Agribisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY