Detail Cantuman Kembali
Fathur Nawari - Personal Name

PENGETAHUAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI ADAPTASI PETAMBAK TERHADAP DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DI DELTA MAHAKAM (STUDI KASUS : DESA SALO PALAI KECAMATAN MUARA BADAK)

Fathur Nawari, 2023. Pengetahuan Lokal sebagai Strategi Adaptasi Petambak Terhadap Dampak Perubahan Iklim di Delta Mahakam (Studi Kasus: Desa Salo Palai Kecamatan Muara Badak), (dibimbing oleh Helminuddin dan Elly Purnamasari). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengetahuan lokal, dampak perubahan iklim dan strategi adabtasi dampak perubahan iklim di Delta Mahakam Desa Salo Palai. Penelitian ini dilaksanakan sejak September 2022 sampai dengan Juni 2023 di kawasan Delta Mahakam Desa Salo Palai Kecamatan Muara Badak. Petambak yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 7 orang, terdiri atas 4 lapisan yakni: 2 petambak pemilik; 2 petambak penyewa; 1 petambak penyakap dan 2 pekerja tambak (sawi). Penentuan sampel mengacu kepada metode sampel bertujuan, dengan kriteria/pertimbangan: pertama, petambak yang masih aktif; berusaha lebih kurang 5 tahun; bersedia untuk jadi calon responden serta mau diawancarai. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan lokal yang dimiliki petambak di Desa Salo Palai yaitu pengetahuan lokal sistem budidaya tambak, pengetahuan lokal fenomena dan gejala alam, serta pengetahuan lokal mitigasi bencana terhadap ancaman perubahan iklim. Adapun perubahan iklim yang dirasakan petambak adalah curah hujan yang tinggi (ekstrim), cuaca yang tidak menentu, peningkatan suhu air tambak, dan terjadinya banjir rob pada tambak. Strategi adaptasi yang dilakukan petambak mengurangi resiko kerugian pada tambak di antaranya melakukan pembuangan air tambak, merubah jadwal panen, meningkatkan sirkulasi air, dan melakukan penambahan tanggul tambak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGETAHUAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI ADAPTASI PETAMBAK TERHADAP DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DI DELTA MAHAKAM (STUDI KASUS : DESA SALO PALAI KECAMATAN MUARA BADAK)
Pengarang Fathur Nawari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAT p 2023
Subyek Delta mahakam
Pengetahuan lokal
Dampak Perubahan Iklim
Strategi Adaptasi
Petambak
Desa Salo Palai
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua