Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Pola Hidup Gotong Royong Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 018 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN 018 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn materi pola hidup gotong royong dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 018 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 018 Samarinda Ulu terdiri dari dua siklus yang dimana setiap siklunya terdiri dari 2 kali pertemuan dengan prosedur penelitian perencaan, pelaksaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, dan dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data yaitu, rata-rata, persentase, peningkatan hasil belajar dengan indikator keberhasilan yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,30 dengan persentase ketuntasan sebesar 50% dan persentase peningkatan pra siklus ke siklu I sebesar 23,08%. Hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 85,15 dengan persentase ketuntasan sebesar 96,15 dan persentase peningkatan pra siklus ke siklus II sebesar 64,70%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Pola Hidup Gotong Royong Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 018 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Silitonga Marlhyn Febriana - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIL p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar PPKn Pola Hidup Gotong Royong Metode Bermain Peran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY