INTERAKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL KAHE.ID DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT
Putri Komalasari, 1902056001, Interaktivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Kahe.id Dalam Meningkatkan Customer Engagement, dibawah bimbingan Bapak Johantan Alfando W,S., S.I.Kom., M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Dalam konteks pemasaran pada media sosial khususnya instagram, Tingkat customer engagement dipilih sebagai tolak ukur karena dapat mewakili interaksi yang dimiliki suatu iklan pada media sosial. Adanya penurunan pada tingkat customer engagement dapat memungkinkan pesan yang disampaikan tidak menimbulkan kesan tertentu dalam benak audiens. Penelitian dengan metode kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana interaktivitas penggunaan media sosial Instagram kahe.id dalam meningkatkan customer engagement. Teori yang digunakan dalam mendukung penelitian ini adalah New Media. Jenis data yang disajikan yaitu observasi dan wawancara menggunakan data primer melalui sumber data key informan dan informan, data sekunder melalui sumber dokumen, e-journal, bukubuku, artikel dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman dengan fokus penelitian 3 konsep interaktivitas dari Mcmillan (User to user, User to System, User to document) Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Kahe.id hanya menerapkan beberapa model dari 3 konsep interaktivitas. Pada elemen user to user Kahe.id menerapkan tiga model yaitu monologue, feedback dan responsive dialogue. Lalu pada elemen user to system Kahe.id menerapkan satu model yaitu adaptive interaction dan pada elemen user to document, Kahe.id hanya menerapkan model content on demand. Sementara packaged content & content exchange tidak diterapkan. Beberapa model tersebut digunakan guna untuk mempertahankan engagement customer Kahe.id
Ketersediaan
Detail Information
Judul | INTERAKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL KAHE.ID DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT |
---|---|
Pengarang | Putri Komalasari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PUT i 2023 |
Subyek | Instagram Komunikasi Pemasaran Interaktivitas customer engagement |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY