Detail Cantuman Kembali
DIMAS ADITYA RAMADHANI - Personal Name

EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI iKALTIM DALAM PERSPEKTIF USABILITY DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR KOTA SAMARINDA

Abstrak


Dimas Aditya Ramadhani 2017, Efektivitas Penerapan Aplikasi iKaltim Dalam Perspektif Usability di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur Kota Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr. Enos Paselle, M.AP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Penerapan Aplikasi iKaltim Dalam Perspektif Usability di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur Kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu kemudahan, kecepatan, Mudah Diingat, Kesalahan, dan Kepuasan. Dalam penelitian ini yang menjadi key infroman adalah Staff Pustakawan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur di Kota Samarinda. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen-dokumen. Analisis yang digunakan ialah analisis data model interaktif.
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa Efektivitas Penerapan Aplikasi iKaltim Dalam Perspektif Usability di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalimantan Timur Kota Samarinda sudah efektif, namun ada beberapa kesalahan yang terjadi saat penggunaan aplikasi iKaltim yaitu aplikasi sering kali terhenti dengan sendirinya pada saat digunanakan dan harus membuka kembali dan menuju halaman seperti sedia kala. Sedangkan kesalahan yang banyak dilakukan oleh pengguna ini berupa pengguna tidak mengerti bahwa kode verifikasi dikirim melalui email dan dapat masuk di spam, sehingga banyak pengguna yang menunggu kode verikasi masuk pada kotak masuk dan hal tersebut membuat proses pembuatan akun menjadi lebih lama dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Kata Kunci: Efektivitas, iKaltim, Perpustakaan Digital

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI iKALTIM DALAM PERSPEKTIF USABILITY DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR KOTA SAMARINDA
Pengarang DIMAS ADITYA RAMADHANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIM e 2023
Subyek Efektivitas
, iKaltim
Perpustakaan Digital
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ADMINISTRA NEGARA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua