Detail Cantuman Kembali
eqdar mufid - Personal Name

NILAI MORAL KISAH DANAU LIPAN DALAM BUKU CERITA RAKYAT NUSANTARA 33 PROVINSI KARYA RAHIMSYAHKAJIAN SOSIOLOGI SASTRA (EMILE DURKHEIM)

Sastra dan kehidupan sosial masyarakatnya sangat berkaitan erat. Pesan moral, tentang pentingnya berbuat baik, dan melestarikan lingkungan, mengabdi kepada bangsa dan negara. Pentingnya memahami pesan moral akan lebih mudah disampaikan melalui cerita. Seperti pada cerita rakyat, dongeng, mitos, epos, legenda dan lain-lain. Salah satu cerita rakyat yang banyak mengandung nilai moral adalah Danau Lipan. Danau lipan merupakan salah satu cerita rakyat yang populer di Kutai Kertanegara, dan sarat akan nilai-nilai moral di dalamnya. Melihat hal ini, menarik untuk dijadikan objek penelitian. Perlu diamati tentang fakta cerita dan nilai-nilai moral dalam cerita rakyat Danau Lipan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fakta cerita dan nilai moral dalam buku cerita rakyat Danau Lipan karya Rahimsyah kajian sosiologi sastra. Metode yang digunakan adalah deksripsi kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Data penelitian ini berupa kata dan kalimat yang ada pada cerita. Sumber data didapatkan dari buku kumpulan cerita rakyat karya Rahimsyah. Waktu penelitian sekitar enam bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis model Miles dan Huberman. Secara sistematis pertama, data dikumpulkan sebagai bahan analisis. Kedua, data direduksi sesuai kebutuhan penelitian. Ketiga, data disajikan setelah direduksi. Dan keempat, setelah data sudah disajikan dan dianalisis, kemudian tahap penarikan kesimpulan. Hal tersebut, bertujuan untuk menganalisis fakta dan nilai-nilai moral dalam cerita rakyat Danau Lipan karya Rahimsyah. Hasil dari penelitian yang dilakukan, ditemukan fakta dan nilai moral dalam cerita rakyat Danau Lipan karya Rahimsyah. Ditemukan 3 unsur fakta cerita, yakni alur, karakter, dan latar. Alur pada cerita rakyat Danau Lipan menggunakan alur maju. Ditemukan empat karakter pada cerita, yakni: Putri Aji Berdarah Putih, Raja Cina, prajurit Putri Aji Berdarah Putih, dan prajurit Raja Cina. Kemudian, latar pada cerita bertempat di kerajaan Putri Aji Berdarah Putih di daerah Berubus, Kecamatan Muara kaman, Kabupaten Kutai Kertanegara. Selain itu, nilai moral juga dapat ditemukan pada cerita rakyat Danau Lipan. Nilai-nilai moral terbagi menjadi tiga jenis menurut Sulistyorini, yakni: nilai moral individual, nilai moral sosial, dan nilai moral religi. Nilai moral individual, ditemukan nilai kepatuhan, pemberani, rela berkorban, jujur, menghargai dan menghormati, bekerja keras, dan baik budi pekerti. Selanjutnya, nilai moral sosial, ditemukan nilai bekerja sama dan peduli pada nasib orang lain. Lalu, nilai moral religi ditemukan nilai moral berserah diri/ tawakal. Deskripsi tersebut dapat dilihat pada kutipan-kutipan cerita pada penelitian ini.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul NILAI MORAL KISAH DANAU LIPAN DALAM BUKU CERITA RAKYAT NUSANTARA 33 PROVINSI KARYA RAHIMSYAHKAJIAN SOSIOLOGI SASTRA (EMILE DURKHEIM)
Pengarang eqdar mufid - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI EQD n 2023
Subyek Sosiologi Sastra
CERITA RAKYAT DANAU LIPAN
NILAI MORAL
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua