Detail Cantuman Kembali
Muhammad Zakiy Anshari - Personal Name

PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN RASIO PEREKAT UREA FORMALDEHID (UF) TERHADAP SIFAT FISIKA DAN MEKANIKA PAPAN PARTIKEL SEKAM PADI (Oryza sativa)

Muhammad Zakiy Anshari. Pengaruh Ukuran Partikel dan Rasio Perekat Urea Formaldehid (UF) terhadap Sifat Fisika dan Mekanika Papan Partikel Sekam Padi (Oryza sativa). (Dibawah bimbingan Irvin Dayadi dan Rindayatno). Semakin meningkatnya produksi padi di Indonesia selaras dengan terus bertambahnya limbah sekam padi. Agar memberikan nilai tambah dan ekonomis sekam padi dapat digunakan sebagai bahan baku papan partikel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisika dan mekanika pada papan partikel sekam padi (Oryza sativa) dengan perekat urea formaldehid (UF) dengan ukuran partikel dan rasio perekat yang berbeda terhadap papan partikel yang dihasilkan. Pembuatan papan partikel menggunakan pengempaan panas dengan tekanan 25 bar selama 15 menit pada suhu 150°C dengan masing-masing 5 ulangan. Ukuran partikel (Faktor A) terdiri dari 16 mesh dan 30 mesh dengan rasio perekat urea formaldehid (Faktor B) terdiri dari 18%, 20%, dan 22%. Hasil dari penelitian menunjukan ukuran partikel berpengaruh sangat signifikan terhadap penyerapan air, pengembangan tebal, Modulus of Elasticity (MoE) dan Internal Bonding Strength (IBS). Rasio perekat berpengaruh sangat signifikan terhadap penyerapan air, pengembangan tebal, Modulus of Elasticity (MoE), Modulus of Rupture (MoR) dan Internal Bonding Strength (IBS). Faktor interaksi antara ukuran partikel dan rasio perekat berpengaruh sangat signifikan terhadap pengembangan tebal dan Internal Bonding Strength (IBS). Perlakuan A2B3 (ukuran partikel 30 mesh, rasio perekat 22%) menghasilkan sifat fisika dan mekanika papan partikel terbaik dengan, kerapatan 0,67 g/cm3, Kadar air 9,80%, Penyerapan air 36,60%, Pengembangan tebal 9,36%, Modulus of Elasticity (MoE) 2.110,59 N/mm2, Modulus of Rupture (MoR) 7,27 N/mm2 , dan Internal Bonding Strength (IBS) 0,21 N/mm2. Hasil pengujian fisika dan mekanika telah memenuhi standar papan partikel JIS A 5908-2015 kecuali pada pengujian MoR.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN RASIO PEREKAT UREA FORMALDEHID (UF) TERHADAP SIFAT FISIKA DAN MEKANIKA PAPAN PARTIKEL SEKAM PADI (Oryza sativa)
Pengarang Muhammad Zakiy Anshari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2023
Subyek Papan Partikel
Rasio Perekat
Sekam Padi
Ukuran Partikel
Urea Formaldehid
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua