PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KNOW, WANT, AND LEARN (KWL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Nur Khofifah, 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Know, Want, and Learn (KWL) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Jenis-jenis Pekerjaan padaSiswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pembimbing I Mustamiroh, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Rosita Putri Rahmi H, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Know, Want, and Learn (KWL) terhadap hasil belajar siswa terutama pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran yang belum berorientasi agar dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Salah satu metode dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa adalah metode Know, Want, and Learn (KWL). Sehingga, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode KWL terhadap hasil belajar Belajar IPS dalam materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 017 Sungai Pinang. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel seluruh sebanyak 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes dan dokumentasi. Sehingga, instrumen penelitiannya terdiri dari lembar pretest dan posttest, serta pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji MannWhitney, karena hasil penelitian yang didapatkan tidak berdistribusi normal namun bersifat homogen. Berdasarkan penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji MannWhitney, terdapat pengaruh Metode Know, Want, and Learn (KWL) terhadap hasil belajar IPS siswa dalam materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SD Negeri 017 Sungai Pinang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. (2 tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 56 sebesar 0,000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji MaanWhitney, jika nilai Asymp.Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Hα diterima dan H ditolak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KNOW, WANT, AND LEARN (KWL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR |
---|---|
Pengarang | NUR KHOFIFA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2023 |
Subyek | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KNOW, WANT, AND LEARN |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY