Detail Cantuman Kembali
Rosytha Tri Anggraynie - Personal Name

PENGARUH PEMBELAJARAN STEM-PJBL PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 BONTANG

STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) merupakan suatu pembelajaran yang terdiri dari 4 bidang sains, teknologi, teknik dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran STEM-PjBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bontang yakni pada kelas VII E sebanyak 35 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang berjumlah 8 soal berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran STEM-PjBL yakni sebesar 28,71 dan setelah diterapkan model pembelajaran STEM-PjBL nilai ratarata siswa sebesar 65,50 dengan rata-rata N-Gain yaitu 0,514 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji-t berpasangan dilakukan untuk pengujian hipotesis, yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STEM-PjBL terhadap hasil belajar siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBELAJARAN STEM-PJBL PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 BONTANG
Pengarang Rosytha Tri Anggraynie - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2023
Subyek STEM-PjBL, Hasil Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN FISIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua