PENGARUH PEMBELAJARAN STEM-PJBL PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 BONTANG
STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) merupakan suatu pembelajaran yang terdiri dari 4 bidang sains, teknologi, teknik dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran STEM-PjBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bontang yakni pada kelas VII E sebanyak 35 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes yang berjumlah 8 soal berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran STEM-PjBL yakni sebesar 28,71 dan setelah diterapkan model pembelajaran STEM-PjBL nilai ratarata siswa sebesar 65,50 dengan rata-rata N-Gain yaitu 0,514 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji-t berpasangan dilakukan untuk pengujian hipotesis, yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STEM-PjBL terhadap hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PEMBELAJARAN STEM-PJBL PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 2 BONTANG |
---|---|
Pengarang | Rosytha Tri Anggraynie - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2023 |
Subyek | STEM-PjBL, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY